+62 852 7776 4355 halo@fortunekreatif.com

Cara Riset Produk yang Berpeluang Laku di Pasaran Tanpa Ribet – Hallo teman-teman fortune kreatif, artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Ide Bisnis Anak Muda 2021. Berbicara soal riset, sebenarnya kegiatan ini sudah ada sejak lama. Paling sederhananya, ketika akan berjualan produk akan melihat kira-kira usaha dengan produk yang sama sebelumnya apakah sukses atau tidak.

Di artikel ini kami akan berbagi cara untuk melakukan riset produk yang  berpeluang laku atau laris di pasaran dengan mudah. Mengapa riset itu penting? Dan bagaimana cara riset produk yang berpeluang laku di pasaran online maupun offline? Yuk, simak caranya sampai habis.

Mengapa Perlu Riset Produk Sebelum Memulai Usaha atau Berjualan?

Cara Riset Produk yang Berpotensi Laku

Saat kita memiliki ide usaha, kemudian ingin mewujudkannya secara tidak langsung akan melakukan riset. Sebenarnya tidak masalah jika kita tidak melakukan riset atau langsung di eksekusi. Lalu mengapa riset itu penting?

Riset produk membantu pemilik bisnis untuk memberikan nilai tambah dari produk kita atau value yang ditawarkan. Kemudian membantu untuk menciptakan ide dan inovasi baru dibandingkan produk sejenis yang telah ada sebelumnya. Karena dalam bisnis tidak mungkin kita akan sama persis dengan produk yang telah ada, paling tidak kita melakukan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Cara Riset Produk yang Berpotensi Laris di Pasaran

Cara melakukan riset produk sebenarnya banyak yang bisa kita gunakan, namun kali ini kami hanya akan membahas tiga cara riset produk yang penah kami lakukan dan terbukti mudah untuk dicoba. Yuk simak caranya. Kali ini kita akan fokus di usaha makanan “cilok isi”.

Riset Google Searchriset inovasi produk dengan google

Riset Google bisa kita mulai dengan mengetikkan keyword yang ingin kita cari, misalnya cilok isi. Kemudian kita amati suggestion atau saran dari  Google, biasanya akan ditampilkan yang paling banyak dicari pengguna internet. Dari hasil diatas  kita mendapat ide usaha cilok isi ayam dengan inovasi isi ayam, tetelan telur dan sebagainya. Selain itu, kita bisa mempertimbangkan juga penelusuran terkait pada bagian bawah.

Riset produk laku dengan google

Penelusuran terkait yang terlatak pada bagian bawah menunjukkan keyword yang berhubungan.

Riset Google Trends

Google Trends akan membantu kita untuk mengetahui traffic (peningkatan atau penurunan) penelurusuran di Google. Pertama kita kunjungi Google Trends, lalu ketikkan keyword yang kita cari misalnya cilok isi. Nah, akan ditampilkan grafik pencarian dari waktu ke waktu, kita bisa mengamati apakah trend semakin naik atau turun. Selain itu kita bisa melihat wilayah dengan penacarian terbanyak untuk keyword tersebut. Dari sini, kita bisa memilih strategi pasar atau pelanggan produk kita.

Riset produk laku dengan Google Trends

Google Trends menunjukkan wilayah yang sering mencari keyword yang kita inputkan, misalnya cilok isi banyak dicari untuk wilayah Jawa Barat.

Facebook

Cara riset produk dengan facebook sangat mudah. Cukup ketikan keyword yang dicari misalnya cilok isi. Kemudian perhatikan postingan,halaman dan grup kuliner (karena studi kasus makanan). Sambil mengamati teman-teman bisa menganalisa produk terkait bagaimana minat pembeli, harga dan kualitas yang ditawarkan.

Melakukan Riset Langsung dengan Pertanyaan

Kita bisa susun list pertanyaan yang nantinya akan ditanyakan ke orang-orang secara random. Kemudian, kita bisa menarik kesimpulan apakah produk kita benar-benar masyarakat butuhkan.

Ingin memasarkan usaha kamu supaya makin laris? Cocok berkunjung ke sini: Cara Jualan di Facebook Banjir Orderan

Nah cukup sekian artikel kami terkait Cara Riset Produk yang Berpeluang Laku di Pasaran Tanpa Ribet. Semoga bisa membantu teman-teman fortune kreatif  untuk melakukan riset produk kamu. Bila ada pertanyaan terkait artikel ini, topik digital marketing dan seputar website silakan tinggalkan jejak di kolom komentar untuk saling berdiskusi atau bisa hubungi kami via Whatsapp.  Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Source Image :

Freepik

 

×

Hai!

Yuk, ceritakan kebutuhan strategi Digital Branding untuk Bisnis hebat Anda bersama Kami melalui WhatsApp. Atau hubungi kami melalui email di halo@fortunekreatif.com

× Minta Penawaran