+62 852 7776 4355 halo@fortunekreatif.com

Kesalahan Copywriting Landing Page Bikin Pengunjung Kabur – First impression ketika melihat seseorang apakah penting? Pastinya penting. Hal ini sama dengan saat kamu melihat landing page. Desain yang menarik sedikit banyak akan membuat kamu betah membaca landing page, meskipun awalnya kamu tidak tertarik untuk mengunjungi halaman tersebut.

Desain sudah memiliki visual yang menarik, selanjutnya ketika pengunjung ingin mendapatkan informasi terkait produk atau jasa kamu pasti mereka akan membaca tulisan pada landing page tersebut. Nah, di sini pentingnya copywriting yang persuasif agar goals atau tujuan dari landing page tersebut dapat tercapai.

Kesalahan Copywrtiting Landing Page yang Sering Dilakukan

Kenyataannya tidak semua copywriting landing page mampu menarik pengunjung. Di artikel kali ini, kami akan sharing kesalahan copywriting landingpage yang membuat pengunjung pergi dari website kamu. Setelah membaca ini, bisa menjadi referensi bagi kamu dalam menyusun landing page agar pengunjung tidak kabur karena copywriting yang tidak sesuai. Yuk simak sampai habis.

Kesalahan Copywriting Landing Page #1: Tujuan yang Kurang Jelas

Coba bayangkan kamu menulis tanpa tujuan yang jelas. Poin-poin yang ada pada tulisan akan melebar ke arah A,B,C dan seterusnya. Hal ini berbeda jauh saat kamu menulis copywriting dengan tujuan yang jelas. Pengunjung akan mudah mengerti maksud tulisan ketika tujuan yang ingin kamu capai jelas. Misalnya, tujuan penulisan copywriting untuk mendapatkan peserta webinar. Nah, dari sini kamu harus bisa membuat copywriting yang persuasif agar pengunjung mendaftar webinar.

Kesalahan Copywriting #2: Fokus pada Fitur yang Berlebihan

Produk yang kamu tawarkan apakah mempunyai banyak fitur? Lalu, kamu berusaha sekuat tenaga mencantumkan semua fitur demi meyakinkan konsumen. Apakah cara ini cukup bekerja? Jawabannya belum tentu.

Kita sebaiknya menulis copywriting yang fokus pada manfaat. Coba ambil dari sudut pandang pengunjung. Tunjukkan bagaimana produk kamu dapat memberikan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Pastikan manfaat yang kamu uraikan adalah manfaat yang benar, jangan sampai keliru karena akan membuat kekecewaan bagi pengunjung.

Tetapi, apa kamu pernah menjumpai copywriting yang berbicara fitur? Pasti pernah, contohnya produk elektronik seperti laptop. Produk laptop lebih banyak menyebutkan fitur karena saat pengunjung akan membeli yang mereka tanyakan ialah fitur. Karena fitur-fitur laptop sudah tidak asing bagi pembeli. Namun, untuk yang masih awam terkait laptop biasanya akan terpikat dengan copywriting manfaat dari fitur-fitur tersebut.

Kesalahan Copywriting Landing Page #3: Kurang Memahami Target Audiens

Kesalahan copywriting

Landing page dikunjungi oleh jutaan bahkan lebih pengunjung di internet. Seperti yang kita pahami bahwa karakter antara satu pengunjung dengan yang lainnya kemungkinan besar berbeda. Itulah alasannya kamu perlu memahami target audiens. Kamu bisa memahami audiens dengan menanyakan beberapa pertanyaan pada dirimu sendiri. Berikut daftar pertanyaan yang perlu kamu jawab sesuai dengan analisa kamu untuk memahami audiens:

  • Pada tahap apa pengunjung akan membeli produk atau jasa kamu?
  • Apakah pengunjung pernah mendengar produk kamu sebelumnya?
  • Apakah pengunjung berminat membeli?
  • Apa saja penghambat yang mungkin pengunjung terima sebelum membeli produk kamu?

Setelah kamu memahami target audiens, kamu dapat membuat halaman khusus lain sesuai dengan masing-masing grup target pembeli. Misalnya, untuk pelanggan yang belum pernah mendengar produkmu buat satu halaman yang berisi penjelasan produk atau video pengenalan produk.

Kesalahan Copywriting #4: Pop-Up yang Berlebihan

Pop up adalah jendela yang tiba-tiba muncul saat kita mengunjungi website. Bayangkan kamu lagi asyik membaca copywriting tiba-tiba pop up muncul, gimana rasanya teman-teman? Kalau satu kali masih tidak masalah. Tapi kalau berkali-kali hal ini akan mengganggu pengunjung, akhirnya mereka menutup halaman landing page. Hal ini pastinya bukan yang kamu inginkan.

Oke, cukup sekian artikel kami tentang 4 Kesalahan Copywriting Landing Page Bikin Pengunjung Kabur . Semoga  tips copywriting landing page ini, membantu teman-teman untuk membuat landing page yang persuasif dan pengunjung tidak kabur karena terlalu berlebihan. Apabila, ada saran atau pertanyaan terkait landing page, website, optimasi bisnis dan digital marketing boleh langsung tinggalkan komentar di bawah ini. Terimaksih teman-teman fortune kreatif.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

4 Elemen Penting Landing Page Agar Makin Memikat Pengunjung

Pentingnya Landing Page untuk Bisnis dan Promosi Produk

Membuat Copywriting Landing Page Sukses Menarik Pengunjung

×

Hai!

Yuk, ceritakan kebutuhan strategi Digital Branding untuk Bisnis hebat Anda bersama Kami melalui WhatsApp. Atau hubungi kami melalui email di halo@fortunekreatif.com

× Minta Penawaran