+62 852 7776 4355 halo@fortunekreatif.com

Warna dalam Branding – Menurut seorang pakar bisnis digital Neil Patel, banyak pelaku bisnis yang secara terus-menerus belajar untuk meningkatkan pengetahuan mereka terkait dengan psikologi warna. Apakah warna dalam branding sangat penting? Jawabannya sangat penting, warna dalam branding akan memengaruhi tingkat penjualan.

Selain mampu meningkatkan penjualan, penerapan teori warna ini bisa memberikan kesempatan dalam menyampaikan pesan secara efektif kepada audiens atau target pasar. Pemilihan warna yang tepat akan mampu menarik minat konsumen dari produk kompetitor.

Kalau dulu pemilihan warna sangat penting, apakah sekarang masih sama? Artikel kali ini akan mengulas pentingnya warna dalam branding dan makna warna. Yuk, simak sampai habis.

Arti Warna dalam Branding dan Desain

Warna dalam branding

Banyaknya pilihan warna membuat kita harus kreatif dalam mengkombinasikan warna brand.

Arti sebuah warna sebenarnya bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Penyebabnya karena faktor lain seperti warna favorit,budaya,pengalaman dan masih banyak lagi. Tetapi, kita juga bisa menemukan persepsi yang sama dalam memahami warna. Warna-warna inilah yang biasanya digunakan secara dominan dalam branding dan desain kemasan. Berikut beberapa warna beserta maknanya dalam branding:

Arti Warna Merah

Di mana kalian sering menemukan logo berwarna merah? Biasanya paling sering di industri makanan. Karena dalam industri makanan, merah dipercaya mampu mendorong nafsu makan.

Dalam bisnis, merah berkaitan dengan rasa mendesak sehingga dipercaya dapat mengarah ke penjualan yang efektif. Merah berarti kekuatan, gairah, keberanian, kegembiraan, dan kemarahan.

Arti Warna Oranye

Salah satu startup E-commerce populer menggunakan warna oranye dalam branding. Warna oranye juga bisa menarik perhatian meski tak terlalu mencolok seperti warna merah. Warna oranye menggambarkan keceriaan, kreativitas, antusiasme dan keramahan. Ia juga ampu menimbulkan kesan menyegarkan dan membangkitkan energi.

Arti Warna Kuning

Rasanya sering sekali menemukan produk yang menggunakan warna kuning secara dominan atau bagian kecil saja. Arti warna kuning menggambarkan perasaan optimis, kehangatan, dan kebahagiaan. Meskipun tidak terlalu mencolok bila dikombinasikan dengan warna lain, warna kuning mampu menarik mata konsumen. Penggunaan warna ini mampu memberikan isyarat kepada pelanggan bila perusahaan mempunyai budaya positif.

Arti Warna Pink

Pink menjadi favorite kaum wanita. Brand-brand yang menyasar target wanita biasanya akan memilih warna ini. Warna pink menggambarkan feminim, imajinasi, kreativitas, berjiwa muda, dan inovasi.

Arti Warna Hijau

Warna hijau sering ditemui pada hampir seluruh produk baik makanan maupun obat-obatan. Hijau menggambarkan kesehatan, pertumbuhan,kesegaran, kemakmuran dan harapan. Warna ini sering dianggap sebagai warna yang memberi kesan santai dan sejuk dalam kehidupan.

Arti Warna Biru

Warna biru muda menggambarkan ketenangan, kepercayaan dan keterbukaan. Sudah banyak brand-brand terkenal menggunakan warna biru dalam logo seperti Facebook, Twitter dan Skype.

Namun, jika kamu bergerak di bidang bisnis makanan, mungkin warna ini harus dihindari. Sebab, warna biru dipercaya menurunkan nafsu makan.

Arti Warna Cokelat

Warna ini menggambarkan kenyamanan, bersahaja dan kuno atau tradisional. Dalam pemasaran, sering ditemukan pada produk makanan alami.

Arti Warna Putih

Warna putih memiliki arti kebersihan, kebajikan, kesehatan, kesederhanaan dan kemurnian. Selain itu, warna putih banyak digunakan oleh brand-brand untuk memberi kesan minimalis dan modern.

Arti Warna Hitam

Kalau dulu warna hitam masih jarang ditemui dalam branding. Namun, sekarang banyak brand yang menggunakan warna ini untuk mendapatkan kesan mewah dan modern. Warna hitam menggambarkan kecanggihan, kekuasaan, keanggunan, dan keamanan. Selain itu, hitam biasanya dikaitkan dengan kemewahan.

Mengapa Warna Penting untuk Branding?

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “love?” Kemungkinan besar akan memunculkan respons emosional yang berujung pada rasa penasaran. Hal ini akan berbeda jauh ketika kamu mendengar kata “papan”. Respons yang muncul akan biasa saja.

Perasaan emosional yang kuat akan mendorong pengambilan keputusan. Sebagai brand atau merek,  pasti memiliki keinginan untuk menumbuhkan hubungan emosional dengan pelanggan. Namun tidak semua cerita perjalanan perusahaan bisa tergambar dalam logo. Peran penting warna dalam branding disini bekerja. Mengingat warna tidak hanya ada dalam logo.

Sederhananya, ketika kamu berhadapan dengan produk yang sejenis dalam satu etalase hal yang pertama kamu perhatikan adalah kemasan. Menarik tidaknya suatu kemasan produk bisa dilihat dari warna,design dan bentuk kemasan. Namun, jangan sampai membuat kemasan yang menarik tetapi tidak menggambarkan isi produk.

Kami juga ada artikel lain yang cocok untuk kamu yang senang dunia bisnis:

Apa itu Brand Royalty?

4 Prinsip Branding, Lakukan Agar Bisnis Makin Menarik Konsumen

Dimana Saja Penerapan Warna Dalam Branding?

Penerapan warna dalam branding

Tidak hanya untuk logo saja, dalam branding secara umum warna paling banyak digunakan pada bagian dibawah ini:

  • Logo
  • Website
  • Etalase
  • Desain Toko
  • Seragam Karyawan
  • Iklan

Wah, kalau kita perhatikan lagi brand-brand terkenal bahkan menggunakan warna branding dalam seragam karyawan. Menggunakan warna yang sama pada merek usaha kamu, akan memperkuat kesadaran merek secara lebih luas.

Okey, itulah arti warna dalam branding dan mengapa penting?. Bermain dengan warna tidak ada aturan khusus yang paling penting pilihlah kombinasi warna yang merepresentasikan brand kamu dan pastinya mampu menarik banyak orang.

Reference:

99Design
Image From Pexel

×

Hai!

Yuk, ceritakan kebutuhan strategi Digital Branding untuk Bisnis hebat Anda bersama Kami melalui WhatsApp. Atau hubungi kami melalui email di halo@fortunekreatif.com

× Minta Penawaran